Contextual Teaching Learning untuk Pembelajaran Bermakna (Part 1)

Pembahasan kali ini adalah ringkasan  dan review dari buku yang berjudul sama yaitu Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna karya dari Elaine B. Johnson.

Ringkasan dan review ini dibagi per part sesuai dengan bab yang terdapat dalam buku tersebut.  Sehingga lebih mudah untuk dipahami oleh pembaca semua.


Bagian Pertama

Mengapa Menggunakan CTL?

Contextual Teaching & Learning (CTL)  adalah sebuah sistem yang bersifat menyeluruh yang menyerupai alam bekerja. Konsep pembelajaran ini mengatur sedemikian rupa kegiatan belajar mengajar begitu dekat dengan kehidupan nyata sehari-hari, sehingga siswa dengan mudah mengaplikasikan materi pelajarannya. CTL menyatukan konsep dan praktik dalam pendidikan. Hal tersebut didukung oleh penemuan ilmiah terbaru  saat ini memberi tahu kita bahwa justru  adanya hubungan  antara bagian-bagian tersebutlah (yaitu konteksnya) yang memberikan makna. Makna yang berasal dari hubungan-hubungan itu  membuat semua bagian-bagian dan jejaring pengetahuan yang begitu kompleks.

Pendidik sekarang perlu berpikir ulang mengenai cara mengajar, itu karena konsep pendidikan pun dipengaruhi oleh beberapa pandangan ilmiah baru abad ke 20 yang beranggapan bahwa bagian-bagian terkecil dalam kehidupan justru membawa makna dalam kegiatan pembelajaran. Apalagi jika pendidik mampu untuk membuat kesatuan jaringan antara satu pelajaran dengan pelajaran lainnya sehingga melahirkan pemahaman yang utuh sesuai dengan konteks sehari-hari maka pembelajaran pun akan lebih mengasyikkan dan memberikan makna dalam bagi siswa.

Tinggalkan Balasan

Go Top