Menjadi Generasi Millenial? Raih 4 Keuntungan ini dalam Bidang Pendidikan

Assalamulaiakum, Hai Sobat! Kali ini kita akan membahas tentang generasi millennial dan apa saja sih kemudahan yang bisa didapatkan oleh generasi millennial?

Kita semua mengetahui dalam beberapa dekade terakhir, perkembangan dalam dunia digital sangat pesat. Kemudahan dalam mengakses informasi dan teknologi sangat mudah dirasakan oleh semua kalangan usia mulai dari bayi hingga nenek-kakek, termasuk salah satunya yang beken adalah generasi millennial.  Buat yang belum tahu, apa sih generasi millennial? Hmmm kira-kira apa ya?

Generasi millennial adalah sebutan untuk mereka yang lahir diakhir tahun 1980 hingga 2000an. Eh, berarti ini eiyke masuk ya? 🙂 . Generasi millenial juga mereka yang lahir ketika zaman televisi sudah berwarna mejikuhibiniu macam pelangi, dan handphone juga sudah mulai tersebar dimasyarakat menggantikan telepon koin. Sebegitu mudahnya generasi millenial mengakses informasi melalui jaringan internet. Generasi millenial juga begitu cepat dan mudah mengakses berbagai info dan hiburan berbentuk video melalui situs YouTube. Ini juga tentunya patut diwaspadai ya, karenan banyaknya tayangan yang tak sesuai dengan pemirsanya.

Lalu, apa millenial hanya tentang kemudahan mengakses informasi dan hiburan saja? Bagaimana manfaatnya dalam bidang pendidikan? Eits, jangan salahperkembangan teknologi juga berimbas pada perkembangan didunia pendidikan. Apa saja itu? Yuk simak info berikut:

1.  Kemudahan dalam membuat Catatan.

mindmap.png
Mind Mapping. Sumber: Mindmeister.com

Apa kalian termasuk seri generasi yang gemar mengoleksi berbagai warna pena untuk membuat catatan cantik? Kalau iya, mungkin anda perlu beralih menggunakan teknologi untuk membuat catatan pelajaran atau catatan kantor. Manfaatkan software Microsoft Word atau Microsoft One Note. Jika kalian penyuka Mind Map, manfaatkan Mind Manager untuk membuat catatan berupa mind map. Jangan lupa tambahkan gambar dan banyak warna agar catatanmu lebih menarik. Kini kalian bisa membuat catatan dimana saja dan kapan saja tanpa repot membawa buku.

2.  Mencari info beasiswa semudah melihat status sosial media

Maraknya sosial media tidak hanya dimanfaatkan oleh pribadi, tetapi juga perusahaan untuk membuat halaman yang bisa menghubungkan mereka dengan netizen diluar sana. Tidak sedikit perusahaan yang menawarkan beasiswa dan menginfokannya di halaman sosial media mereka. Manfaatkan kemudahan ini untuk menggali informasi beasiswa sebanyak-banyaknya ya. Tiada lagi deh acara cari informasi beasiswa melalui koran.

3. Bertanya tentang pelajaran yang sulit semudah menggerakkan jari. 

brainly
Aplikasi Brainly. Sumber: Brainly.co.id

Hai generasi pelajar millenial, apa kalian mengenal Brainly? Wah, sayang sekali jika kalian tidak mengenal aplikasi tersebut. Brainly adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk bertanya pelajaran sulit. Nah sekarang bertanya pelajaran tidak hanya pada gurumu saja. Menyenangkan bukan?

4. Mendatangkan guru les semudah menyetuhkan jari-jari di layar ponsel

ruangguru
Ruangguru. Sumber : Ruangguru.com

Para generasi millenial, apa sudah mendengar tentang Ruangguru? Ruangguru adalah salah satu startup layanan penyedia guru les. Kalian bisa belajar secara online atau mendatangkan guru belajar privat kerumah. Jangan lewatkan kemudahan ini ya!

Nah, itu dia 4 kemudahan perkembangan teknologi dalam pendidikan bagi para millenial. Kalian sebagai para millenial juga harus memanfaatkannya. Selamat belajar semuanya!

Leave a Reply

Go Top