BPN 30 Days Blog Challenge : Tentang Media Sosial (Day 5)

BPN 30 DAYS Challenge-Mutiara's Land day 5

Aaaahhh Hari ke lima yang semakin menggemaskan!

Saya yang baru pertama kali ini ikutan challenge, merasakan betul bagaimana tantangan ini membuat saya cukup kocar-kacir. Harus on time tiap hari mengirimakn postingan di BLOG! Namun, okelah, saya anggap ini sebagai pembelajaran bagi saya, bukan hanya tentang memenuhi tantangan ide-ide menulis BLOG, tapi juga tentang cara mengelola waktu antara menulis dan mengurus pekerjaan lainnya.

Oke, saatnya saya membahas tema 5 hari ini, tentang media sosial. Ketika awal mendengar kata media sosial, tentu dalam benak kita ada sederet nama seperti instagram, twitter, facebook, tumblr, linkedIn, dan masih banyak lagi nama media sosial yang saya sendiri tidak hapal satu persatu.

Lalu, ada beberapa pertanyaan.

Apa saya memiliki semua akun di sosial media?

Tentu saja tidak semua ya. Dari sekian banyak media sosial yang bertaburan di jagad raya, saya hanya memiliki beberapa. Saya benar-benar memilih sosial media apa yang harus saya gunakan untuk menunjang kebutuhan saya. Baik kebutuhan untuk promo, belajar, atau untuk berjejaring dengan kawan-kawan lainnya.

Apa yang biasanya saya bagikan di sosial media?

Saya mengetahui bahwa apa yang saya tuliskan di sosial media mencerminkan bagaimana kepribadian saya, apa yang saya pikirkan (sesuai kata facebook), juga memperlihatkan bagaimana orang lain berkomentar tentang saya. Oleh karena itu saya pun berhati-hati terhadap apa yang saya bagikan di sosial media tersebut. Saya lebih fokus pada sharing tentang pendidikan, info-info yang bermanfaat, dan tentu saja apa yang saya tulis di BLOG ini. Ya hitung-hitung sebagai sarana promosi BLOG juga kan?

Apa pesan untuk para pengguna sosial media?

Seringkali saya melihat dan membaca penggunaan sosial media yang tidak sebagaimana mestinya. Sosial media dijadikan tempat untuk mengumpat, membagikan hal-hal yang tidak penting, hoaks, dan bahkan curhat urusan rumah tangga hingga sedetil-detilnya! Apa faedahnya?  Marilah mulai dengan cerdas membagikan apa saja di sosial media. Sederhananya begini, orang akan menilai dari apa yang kita tulis, jadi mulailah menghargai diri kita dengan membagikan hanya hal-hal yang baik. Salam semuaaaa….

Leave a Reply

Go Top