Menemukan Ide Menulis Konten Blog dengan 5W+1H

Seringkali sebagai blogger, kita mengalami kesulitan untuk menemukan ide tulisan. Menulis ini salah, menulis itu salah, seperti tidak ada bahasan yang cocok untuk diangkat menjadi sebuah konten di blog atau web. Ujung-ujungnya nanti adalah malas menulis. Wah jangan sampai terjadi ya, karena jiwa dari blog atau web itu sendiri adalah konten yang berkualitas.

Temukan Ide Menulis disekitar Anda

Ide untuk menulis sebenarnya bertebaran dimana saja, termasuk disekitar kita. Tidak perlu untuk menghayal ide tulisan yang terlalu jauh, karena sebenarnya apa yang ada disekitar kita sangat menarik untuk dijadikan bahan tulisan, contohnya nih seperti apa yang kita lakukan hari ini, apa hewan peliharaan kita, dan masih banyak lagi.

Menulis Blog (Sumber:pixabay.com)

Gunakan Teknologi untuk Mencari Ide Menulis

Selain mencoba menggali ide apa saja yang ada disekitar, kalian juga bisa menggunakan bantuan google untuk mencari ide menulis yang sedang trends saat ini. Ya, google menyediakan layanan pencarian apa yang sedang trend menjadi pembahasan di dunia. Kita bisa mengambil salah satunya untuk dijadikan ide menulis.

Selain mencari di layanan google trend, kita juga bisa blog walking untuk mencari ide-ide segar. Blog walking adalah hal yang sering dilakukan oleh para blogger. Dengan blog walking, kita dapat menambah teman, menambah inspirasi dalam menulis, dan juga belajar mengenai tata bahasa yang digunakan dalam blog orang lain, sehingga blog atau web konten kita bisa lebih baik kedepannya.

Gunakan 5W+1H dalam Mencari Ide Menulis

Nah ini adalah cara sederhana terakhir yang saya berikan dalam mencari ide untuk menulis sebuah konten di blog atau web. Bagaimana itu? Dengan menggunakan 5W+1H! Siapa yang disini pernah belajar tentang ini di sekolah dahulu? Wah ternyata ilmu sekolah bisa dimanfaatkan dalam mencari ide menulis ya.

Menemukan Ide Menulis dengan 5W+1H (sumber: dokumen pribadi Mutiara Fhatrina)

Lalu bagaimana mencari ide dengan 5W+1H? Mari kita uraikan terlebih dahulu apa itu 5W+1H.

What, dari What yang berarti “apa” kita bisa menemukan banyak hal yang dapat dijadikan ide menulis konten. Mulailah membuat daftar tentang “apa” saja yang ada disekitarmu, bisa tentang apa hobimu, makanan kesukaan, atau tentang sekolah yang sedang kamu tempuh, atau bisnis sederhana milikmu sendiri.

When, kata When yang memiliki arti “kapan”, kita bisa menuliskan ide berdasarkan momentum yang ada, bisa karena ada hari kemerdekaan, hari ibu, atau ketika kita sedang menjungi sebuah museum. Dari situ akan muncul sebuah ide meulis yang nantinya bisa kita jabarkan kembali.

Who, memiliki arti “siapa”, kata Who bisa membantu kita menemukan ide menulis tentang siapa saja. Bisa jadi itu adalah orang-orang terdekat yang begitu anda sayangi, atau entrepreneur muda yang begitu menginspirasi anda. Membagikan tulisan tentang seseorang juga dapat melatih anda menjadi penulis biografi kedepannya.

Why, kata Why memiliki arti “mengapa”. Dari kata ini kita bisa menemukan ide menulis tentang apa alasan terjadi sesuatu, sehingga kita bisa mengorek lebih dalam dan menjadi paragraf konten di blog atau web. Contoh ide menulis dari kata why adalah apa yang menjadi alasan bayi menangis, atau mengapa bisa terjadi hujan, alasan orang harus berbisnis, dan sebagainya.

Where, dari kata Where yang berarti “dimana” kita bisa menceritakan tentang banyak tempat yang memiliki nilai sejarah tinggi, atau tentu saja tempat-tempat yang kita kunjungi dan bagus pemandangannya sehingga ingin sekali rasanya turut membagikan keindahannya lewat tulisan di blog. Banyak orang sukses menjadi blogger terkenal dengan ulasannya mengenai tempat-tempat indah yang dikunjunginya diseluruh dunia, sebut saja Dua Ransel, Trinity, dan masih banyak lagi.

How, pernah berpikir bahwa proses memerah susu bisa dijadikan ide menulis konten? Ya, itulah penjelasan dari kata How yang memiliki arti “bagaimana”. Dari kata kata bagaimana kita bisa menuliskan tentang proses sesuatu. Misalnya anda akan menulis tentang produk lokal keripik pisang yang menjadi andalan didaerah, anda bisa saja menulis tentang  bagaimana cara pengolahan keripik pisang, atau cara memilih pisang yang baik untuk dijadikan keripik. Satu ide sederhana saja bisa dikembangkan menjadi ide menulis konten.

Itu tadi sedikit ulasan mengenai bagaimana cara menemukan ide untuk menghasilkan konten berkualitas ya teman. Kalau ada yang memiliki ide lain bisa dibagikan dikolom komentar. Selamat menulis, selamat berkarya semua!

2 thoughts on “Menemukan Ide Menulis Konten Blog dengan 5W+1H

  1. Terima kasih tipsnya mbak. Kadang saya sering lupa tentang 5W+1H ini. Padahal ini teknik cukup jitu untuk bisa menemukan ide tulisan ya ?

  2. Menurut saya termasuk jurus jitu mbak, kadang ide tulisan bisa datang sekitar kita kan ya. Sukses ngeblognya… Makasih sudah mampir 🙂

Tinggalkan Balasan

Go Top