Menjadi Bagian dari Pelatihan Web untuk BUMDes Sarip Jaya Desa Tambak Oso Sidoarjo

Bermanfaatlah bagi sesama, terus berkarya, terus bermanfaat.

Kali ini akan membagi cerita tentang pelatihan pertama yang saya gawangi. Pelatihan ini adalah bagian dari program desa dalam bentuk pelatihan pengisian konten web untuk BUMDes di Tambak Oso, Sidoarjo.

Sejujurnya saya adalah newbie blogger yang masih terus belajar. Oleh karena itu, ketika ada tawaran untuk membantu teman-teman karang taruna belajar mengisi konten di web BUMDes mereka, saya pun langsung mengiyakan. Ya, ini pasti akan jadi ajang saya untuk belajar lebih banyak, belajar mengantur banyaknya kontributor, belajar untuk menciptakan ide-ide tulisan bagi produk lokal, belajar mengolah kata untuk menambah paragraf demi paragraf konten ini.

Pelatihan Konten Blog dengan menggunakan Elementor (sumber: data pribadi cv.msa)

Oke, setelah disepakati bersama pihak pemerintah desa setempat, jadwal pelatihan pun keluar. Pelatihan ini dilaksanakan dalam 2 hari, hari pertama pembahasan lebih pada teori-teori, sedangkan pada hari kedua fokus latihan mengisi konten. Dalam mengisi pelatihan ini aku duet sama partner yang tak lain tak bukan adalah suami saya (kita selalu duet job), beliau menyampaikan tentang internet secara umum, bagaimana perkembangan teknologi dan mengapa harus go digital mulai sekarang. Sedangkan saya lebih fokus tentang pengisian konten di web dengan menggunakan plugin elementor.

Hari pertama ini kami mulai pelatihan dengan mengenalkan diri, kami pun mendapat pesan dari Lurah desa setempat. Beliau menjelaskan bahwa pentingnya pelatihan ini demi kemajuan desa tersebut, tak lupa beliau menyampaikan juga para peserta harus benar-benar belajar dengan sungguh-sungguh.

Kami pun menyampaikan materi awal tentang bagaimana perkembangan internet di era industri 4.0 ini, kegiatan awal masih canggung satu sama lain. Suasana mulai mencair ketika satu per satu jokes mulai dikeluarkan. Yaaaaah, akhirnya yah! 😀

Setelah pengenalan awal mengenai internet selesai, barulah inti materi dimulai. Saya selaku pemateri bagian ini mulai memaparkan satu persatu materi tentang Elementor dan tentu saja pengisian konten. Materi diawali dengan mengenalkan setiap fungsi dan menu dari Elementor tersebut, lalu perlahan para peserta diajari cara memasukkan konten baik dalam bentuk teks, gambar, maupun berupa link video. Tak disangka para peserta begitu antusias. Meski pelatihan ini dimulai pada malam hari, ternyata tak menyurutkan semangat para pesertanya. Trainer pun turut bersemangat! Menutup hari pertama, para peserta diberi tugas khusus oleh para perangkat desa, yaitu mempersiapkan konten, berupa teks dan gambar yang mendukung isi untuk dapat diisi ke konten web BUMDes mereka esok harinya, tentu saja kontennya berkenaan dengan produk-produk lokal andalan di Desa Tambak Oso.

Hari kedua pun dimulai lebih awal daripada kemarin, mengingat hari ini akan fokus pada latihan pengisian konten dan tentu saja kami akan “mengawasi” satu per satu peserta agar mereka benar-benar memahami materi ini. Pelatihan hari kedua ini akan lebih luwes, karena kami tidak hanya menjelaskan saja, tapi turut berkeliling menatap satu per satu layar laptop para peserta. Alhamdulillah, acara pun berlangsung lancar meskipun sempat ada beberapa insiden error yang dialami oleh para peserta.

Salah satu hasil dari penulisan peserta tentang produk lokal otak-otak bandeng (sumber : data pribadi)

Kegiatan pelatihan ini ditutup dengan MoU antara para peserta dengan pihak pemerintah desa setempat, isinya mereka akan menjadi anggota dari pengembangan web ini untuk memperkenalkan produk unggulan desa Tambak Oso. Keren yah!

Tim Trainer bersama peserta dan perangkat desa Tambak Oso Sidoarjo (sumber : data pribadi CV. MSA)

Yuk dukung produk lokal, ternyata kualitas mereka benar-benar bisa dibandingkan dengan produk serupa buatan pabrik. Kami sangat bangga bisa menjadi salah satu bagian dari pengembang desa ini. Tunggu pelatihan kami berikutnya ya!

One thought on “Menjadi Bagian dari Pelatihan Web untuk BUMDes Sarip Jaya Desa Tambak Oso Sidoarjo

Leave a Reply

Go Top