Mengenal 3 Laptop Paling Ringkas di Dunia: ZenBook UX333, UX433 dan UX533

Bagi para pekerja dunia digital, laptop adalah salah satu senjata andalannya. Gimana engga ya, dari laptop, para content creator dapat menuliskan beragam kisah, berkarya melalui gambar maupun video, dan berkomunikasi untuk memperluas jaringan. Laptop membantu memuluskan jalan bagi para pekerja kreatif untuk dapat terus berkarya dan menghasilkan pundi-pundi tabungan mereka. Cerita soal laptop nih, saya teringat akan laptop saya terdahulu, Asus X200MA.

Laptop Teman Setia Mengembangkan Skill

Walaupun bukan laptop pertama kali yang saya pakai, namun laptop ini membekas dihati. Banyak kisah yang terurai dari laptop ini, mulai dari awal lulus kuliah, menjejaki pekerjaan pertama, membuka bimbingan belajar sendiri, membuat soal-soal belajar siswa, membuat desain brosur sendiri, hingga menerima job freelance menjadi asisten penelitian. Wah banyak sekali ya jasa laptop ini. Meski bukan laptop yang “mahal”, namun Asus X200MA ini nyaman untuk saya bawa bekerja dimana saja dan kapan saja. Bisa saja saya tiba-tiba harus meeting dengan klien untuk membahas penelitian yang akan dilakukan, atau membuat soal les sembari menunggu hujan reda di emperan minimarket, semuanya bisa dengan mudah. Begitu cintanya saya dengan laptop ini, namun sayangnya kini harus pensiun karena sesuatu hal. Sedih sekali saya saat itu, karena jasa-jasanya yang berharga pada perkembangan skill saya secara khusus.

Sampai dengan saat ini saya belum menemukan pengganti yang pas untuk Asus X200MA saya terdahulu. Belum menemukan yang cocok, karena saya menginginkan laptop yang slim, ringkas, namun performanya juara. Maklumlah saya yang bekerja sebagai freelancer dan blogger ini perlu amunisi agar bisa bekerja dan berkarya lebih baik kedepannya. Kira-kira apa ada ya, laptop yang menjawab kebutuhan saya tersebut? Ada dong! Keluaran terbaru dari ASUS, 3 sekaligus! Pastinya keren abis ya, kenalan dulu yuk dengan UX333, UX4333, dan UX5333.

Asus meluncurkan seri Zenbook terbaru pada awal tahun 2019 ini. Tak tanggung-tanggung, Asus meluncurkan 3 laptop sekaligus, yaitu UX333, UX433, dan UX533 yang kemudian dikenal dengan World’s Smallest Laptop 13,14,15. Mengapa disebut paling ringkas? Ringkas karena body nya yang ultra thin! Tipis! Tentu saja tipis bukan sama dengan ringkih ya. Banyak sekali laptop yang didesain tipis bagi para penggunanya, namun pada kenyataannya ringkih. Pernah suatu ketika saya berkata pada seorang teman, “Pengen laptop tipis gitu euy, kayaknya enak dibawa kemana-mana.” Teman saya tersebut langsung menyoloroh,”Jangan, laptop tipis itu ringkih loh. Rawan banget jika mau dibawa kemana-mana.”

Tapi itu tidak akan ditemui dalam 3 seri terbaru ZenBook ini. Mengapa? Karena ketiga seri ZenBook ini adalah seri UltraBook Premium yang menggunakan Desain Frameless Nano Edge Display yang menghadirkan Bezel Ultra Tipis. Bezel inilah yang kemudian menghadirkan visual dari tiga seri ZenBook ini screen-to-body tanpa batas hingga rasio 95%. Pada kebanyakan laptop dipasaran, desain bezel pada frame cukup lebar sehingga mengakibatkan desain keseluruhan laptop menjadi lebar.

Body tipis yang dimiliki oleh varian ZenBook ini ternyata telah mengantong sertifikat standar militer MIL-STD-810G yang berarti LOLOS disemua uji ketahanan, baik uji bantingan, getaran, cuaca ekstrim, dan uji kelembaban.

Pada serian UX333, dan UX433 dihadirkan numpad yang terintegrasi dengan touchpad. Jika anda menekan salah satu tombol di touchpad tersebut, maka numpad yang dilengkapi dengan LED akan muncul. Sedangkan untuk ZenBook UX533 dengan ukuran layar 15”, dihadirkan numpad fisik yang tentunya menunjang kinerja dari para penggunanya.

Numpad yang terintegrasi dengan touchpad ini membuat tampilan laptop semakin elegan. Tak salah jika embel-embel kata “premium” disematkan pada UltraBook ini. Wah, saya demen banget nih, semakin tidak sabar untuk tahu spesifikasi lainnya dari produk keluaran asus ini kan?

Semua dari serian ZenBook ini dilengkapi dengan layer mengusung Resolusi Full HD (1920×1080 pixel) dengan tingkat reproduksi warna sangat tinggi, yaitu mencapai 100% dalam color space RGB. Layar ZenBook ini juga memiliki view angle mencapai 178 derajat, serta dilengkapi pula dengan fitur Asus Splendid dan Asus Tru2Life.

Varian ZenBook yang super ini ternyata juga memperhatikan kenyamanan bagi para penggunanya. Menggunakan full size backlit keyboard yang memberikan pengalaman mengetik yang jauh lebih nyaman. Ini penting juga loh untuk para blogger, yaaah gimana lagi, memang blogger kan fokus pada kegiatan ketik mengetik di laptop demi konten bermanfaat bagi semua. Selain itu, keyboardnya di lengkapi dengan LED, sehingga tetap nyaman meski mengetik di tempat yang gelap.

Kenyamanan juga terletak di ErgoDesign yang dimiliki oleh ZenBook 13,14,15 ini. Posisi bodynya yang sekitar 3 derajat, sehingga menyisakan ruang ekstra untuk dapat keluar masuk udara. Nah, ini yang membuat kenyamana dalam bekerja lebih maksimal karena suhu setiap komponen dapat terjaga.

Meskipun menyebut dirinya sebagai varian laptop paling ringkas didunia, tapi nyatanya ZenBook 13, 14, 15 ini dilengkapi dengan komponen kelas atas. Tak tanggung-tanggung, Asus memasang prosesor kencang Intel Core generasi ke-8. Graphic NVIDIA GForce juga disematkan demi menunjang produktifitas para pengguna.

Tipe yang diberikan untuk ketiga ZenBook ini memiliki perbedaan, untuk ZenBook UX533 ASUS menyematkan GPU NVIDIA GeForce GTX 1050 Max-Q yang mampu untuk menompang tugas-tugas berat seperti editing video maupun game dengan grafis tinggi. Berlainan dengan UX333 dan UX433, Asus mengandalkan GPU NVDIA GeForce MX150. Meskipun berbeda, bukan berarti tidak berkualitas. GPU NVDIA GeForce MX150 sangat berkualitas untuk dapat mengasah kreativitas dalam berkarya tiap harinya. Selain itu, kedunya memiliki sifat yang Hemat Daya. Sip lah jika kita katakan ZenBook ini siap untuk bekerja dimana saja dan kapan saja.

Selain itu, Seri ZenBook ini juga diperkaya dengan NVMe SSD sebesar 512GB dan RAM berkapasitas hingga 16GB. Sudah pasti dari kedua hal ini dapat memacu produktifitas pengguna menjadi lebih maksimal kembali. Hmmm, kira-kira alas an apalagi ya, yang membuat kita pantas menjatuhkan pilihan pada salah satu dari 3 seri ZenBook ini?

Apasih salah satu alasan kita memilih laptop yang akan digunakan untuk bekerja secara maksimal? Kemanan! Yes! Inilah salah satu yang juga menjadi unggulan dari Asus ZenBook 13,14,15 ini. Dibekali dengan sistem keamanan menggunakan face recognition (sistem pengenal wajah) yang terintegrasi dengan Windows Hello, membuat pengguna dapat masuk tanpa harus memasukkan pin ataupun password. Kamera inframerah juga melengkapi laptop ini untuk dapat mendeteksi wajah secara optimal.

Sebagai informasi, harga untuk varian dari Zenbook ini mulai dari Rp 15.299.000. Jadi bagaimana? Sudah siap menantikan ZenBook ini untuk produktivitas kerja yang lebih tinggi? Hmmm, semoga suatu saat saya bisa memilikinya. Doakan ya!

Artikel ini diikutkan pada lomba blog Asus ZenBook 13, 14,15 X Travelerien

Referensi:

www.travelerien.com

www.asus.com

www.idntimes.com

2 thoughts on “Mengenal 3 Laptop Paling Ringkas di Dunia: ZenBook UX333, UX433 dan UX533

Leave a Reply

Go Top