Membedah Parenting Tips Anak Usia Dini dari Ahli: Review Buku Play and Learn

Mendampingi tumbuh kembang anak sejak lahir adalah tugas utama orang tua. Setiap waktu tumbuh kembang anak berharga, apalagi disaat anak berada dalam usia emas atau golden age. Masa ini adalah dimana anak sedang menghimpun banyak informasi dalam otaknya. Semakin banyak informasi yang diserap oleh anak, maka semakin mudah jaringan otak anak terhubung satu sama lain. Ini lebih seperti menyetrum otak anak agar bisa terus bertumbuh secara aktif.

Lalu bagaimana dengan peran orang tua? Tentu saja peran orang tua sangat penting untuk dapat memfasilitasi anak untuk mendapatkan pengalaman belajar sebaik-baiknya. Namun tetap saja untuk anak usia dini, konsep belajar harus dengan bermain. Lalu bagaimana mencipakan permainan yang asyik untuk anak? Tentu saja yang sarat akan nuansa pembelajaran.

 

Mungkin banyak dari orang tua (terutama orang tua pemula) yang masih bingung bagaimana membuat kegiatan bermain anak sarat dengan informasi-informasi baru yang bermanfaat. Untuk itu pada orang tua wajib untuk menambah daftar bacaannya mengenai tips parenting.  Salah satunya yang saya rekomendasikan adalah Play and Learn.

Play and Learn, Buku Parenting yang direkomendasikan untuk orang tua baru

Mengapa begitu? Karena Play and Learn memuat lengkap teori dan praktik mendampingi tumbuh kembang anak usia 0-4 tahun. Buku karangan dokter spesialis anak Meta Hanindita ini terdiri atas dua bagian. Pada bagian pertama Learning by doing yang terdiri dari empat chapter penting dalam mengasuh anak usia dini yaitu Play and learn to be happy, play and learn to be adorable, play and learn to be smart, dan yang terakhir play and learn to be independent.

Di bagian pertama ini, orang tua akan diajak untuk sama-sama belajar menambah informasi dan pengetahuan mengenai tumbuh kembang anak usia dini. Sebagai contoh, pada chapter play and learn to be happy, dr. Meta menjelaskan panjang lebar tentang bagaimana anak dapat belajar untuk mengenal emosi dan cara mengaturnya secara sederhana. Selain itu, juga terdapat bagian penjelasan -yang menurut saya- sangat penting, yaitu bahasan tentang mengatasi temper tantrum pada anak. Pasti setiap orang tua pernah mengalami buah hatinya mengalami temper tantrum bukan?

Ciptakan Kemandirian Anak lewat Play and Learn

Ya, kemandirian anak adalah salah satu dari sekian banyak ciri kesuksesan orang tua. Nah tentu saja ini bisa dimulai dari sekarang dengan mengajarkan hal-hal yang kecil yang menuntut kemandirian anak, salah satunya toilet training. Saya pribadi cukup kesulitan dalam menerapkan toilet training pada putra kecil saya, butuh waktu berbulan-bulan. Dan sekarang dokter cantik ini membagikan pengalamannya mengajarkan toilet training pada anak semata wayangnya.

Yang tak kalah pentingnya adalah informasi mengenai Multiple Intelligence. Ternyata kecerdasan itu tak hanya bisa mengerjakan soal matematika saja, atau anak yang sudah bisa bicara lancar saat masih 2 tahun. Kecerdasan itu banyak akan jenisnya. 

Bagaimana Bila Masih dalam Persiapan Menjadi Orang Tua?

Buku Play and Learn yang diterbitkan oleh Stiletto Book ini juga menyajikan beragam informasi mengenai persiapan menjadi orang tua baru. Pada bahasan 1000 hari pertama yang terdapat pada chapter Play and learn to be smart ini, para orang tua baru akan di ajak untuk mempersiapkan 1000 hari pertama pertumbuhan anak. Tidak hanya sampai disitu saja, orang tua juga akan disajikan pengetahuan tentang nutrisi terbaik untuk perkembangan otak anak.

Play and Learn, Bermain Sambil Belajar Untuk Anak

Sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya bahwa buku ini tidak hanya memuat teori saja, tapi juga praktik bagaimana membuat mainan sederhana bersama anak dirumah. Tentunya ini akan menjadi permainan yang sarat akan kegiatan belajar.

Ya, pada bagian kedua ada beberapa chapter yang menjadi penjelas chapter teoritis pada bagian pertama. Buku Play and Learn ini memberikan langkah-langkah yang praktis beberapa permainan sederhana. Tidak hanya itu saja, manfaat dari setiap permainan juga dikupas habis.

Mengapa Harus Membeli Buku Play and Learn Ini?

Tentu saja saya paham dengan pertanyaan ini? Di luaran sana banyak kita jumpai artikel parenting ataupun blog-blog parenting Indonesia yang mungkin membahas hal yang sama, parenting tips and child development. Namun, saya merekomendasikan para orang tua untuk dapat memiliki buku ini juga karena lengkapnya materi yang disajikan. Layaknya toserba, buku ini juga dilengkapi hasil karya permainan sederhana ala dokter Meta sendiri.

Bahasa yang digunakan juga sangat sederhana, setiap orang tua yang pada awalnya awam tentang parenting education bisa turut belajar bersama. Sampul buku yang didesain colourfull, menarik mata untuk dapat menghabiskan isi buku dengan segera.

Segera miliki buku ini  dan mari belajar bersama menjadi orang tua bagi buah hati kita.

10 thoughts on “Membedah Parenting Tips Anak Usia Dini dari Ahli: Review Buku Play and Learn

  1. Wah sepertinya bukunya bagus ya mba dan materinya memang dibutuhkan oleh para orang tua baru begitu juga untuk mengingatkan para orang tua yang lain. Karena bagaimanapun tugas mendidik dan menstimulasi anak adalah tugas utama orang tua bukan guru, sedangkan guru hanya membantu kita saja. Tapi sekarang suka kebalik ya. Orang tua banyak menyerahkan pendidikan utama anaknya pada guru, pada sekolah hanya karena mereka malas belajar bagaimana mendidik anak2 mereka

    1. Bener banget bunda, bukuny acukup lengkap untuk membahas bagaimana orang tua bisa mendampingi tumbuh kembang si kecil mulai usia o-4 tahun. Iya, banyak orang tua yang belum sadar bahwa mendidik anak juga menjadi tugas utama orang tua. Kan sekolah pertama anak ada di ayah-bunda nya? 🙂
      Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Go Top