stimulasi pijat bayi johnsons baby indonesia.png

Lebih Dekat Dengan Ananda Lewat Sentuhan Cinta

Sentuhan Cinta adalah salah satu cara meningkatkan bonding antara ibu dan bayi...

Periode emas atau 1000 hari pertama kehidupan bayi ternyata bukan dimulai dari hari dimana bayi tersebut lahir, tapi mulai dari masa-masa awal kehamilan hingga genap berusia 2 tahun. Pada periode emas ini, anak akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan secara siginifikan, baik pertumbuhan secara fisik maupun perkembangan otaknya. 

stimulasi pijat bayi johnsons baby indonesia.png

Dalam periode emas ini, anak sedang mengalami titik krisis dimana perkembangan yang dialami begitu cepat, sehingga membutuhkan perhatian khusus, dan asupan nutrisi yang mendukung tumbuh kembangnya dengan baik. Namun ternyata tidak hanya nutrisi saja yang dibutuhkan oleh anak, ada sentuhan lainnya dari orang tua yang sangat dinantikannya, yakni Sentuhan Cinta.

Johnson's Baby dan Sentuhan Cinta dari Ibu

Sentuhan cinta merupakan salah satu kampanye yang diselenggarakan oleh Johnsons Baby Indonesia. Pemerintah setempat berupaya untuk meningkatkan kualitas kesehatan bayi di Indonesia, oleh karena itu Johnsons Baby Indonesia mendukung program pemerintah dengan memperkenalkan Kampanye Sentuhan Cinta. Tentu saja tujuan dari kampanye sentuhan cinta ini adalah meningkatnya kesadaran Ibu mengenai pentingnya sentuhan cinta melalui ritual pijat bayi. 

Pijat bayi adalah salah satu stimulasi secara fisik yang dibutuhkan oleh bayi. Stimulasi secara dini sejak bayi dapat meningkatkan kepekaan indera anak. Pijat atau sentuhan yang dilakukan dalam rangka menstimulasi perkembangan bayi dapat dilakukan pada dua waktu, pagi sebelum mandi serta sore sebelum bayi tidur. Tentu saja, dalam melakukan pijat bayi diperlukan media agar sentuhan antara kulit ibu dan bayi memebuat bayi terasa nyaman. Johnson Baby mempersembahkan dua produk yang dapat digunakan ketika pijat bayi, yaitu Johnson Baby Oil dan Johnson Baby Lotion. Kedua produk ini digunakan pada waktu tertentu, Johnson Baby Oil digunakan pada saat pagi sebelum mandi, sedangkan Johnson Baby Lotion dapat digunakan pada sore hari sebelum tidur. 

Manfaat Stimulasi Pijat Bayi

stimulasi pijat bayi johnsons baby indonesia

Tentu saja banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan oleh ibu maupun bayi dari pijat bayi ini. Berikut adalah manfaatnya pijat bayi:

  • Menjadikan bayi riang dan dapat berelaksasi
  • Mengatasi ganguan tidur pada bayi
  • Mengatur sistem pencernaan, pernafasan, dan sirkulasi
  • Memperbaiki sistem imun
  • Meningkatkan bonding ibu dan bayi

Do & Don't dalam Pijat Bayi

Ternyata dalam pijat bayi ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pijat yang dilakukan harus standar, tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Hal ini pasti sudah diketahui oleh ibu-ibu semua, bahwa bayi masih sensitif dan rentan terhadap segala kondisi. Jadi, pastikan baca dan persiapkan beberapa hal berikut ya. 

stimulasi pijat bayi johnsons baby indonesia

Memperhatikan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika pijat bayi, alangkah baiknya para bayi dipijat oleh ibunya sendiri ya, bukan tukang pijat. Kenapa? karena pada tukang pijat belum tentu memenuhi standar tersebut, dan juga pijat yang dilakukan oleh ibu pastinya penuh cinta. Oleh karena itu, salah satu dari manfaat pijat adalah meningkatkan bonding antara ibu dan bayi. 

Rangkaian Pijat Bayi

Dalam pijat bayi, terdapat enam rangkaian yang harus dilakukan secara runtut dari awal sampai dengan akhir. Tiap-tiap rangkaian pijat bayi memiliki manfaat dan gerakan tersendiri. Pada sesi pijat bayi ini dipersembahkan oleh mbak Gina Puspanti Anggraeni, Certified Infant Massage Instructor

Pertama, Pijat Wajah. Ada lima langkah dalam pijat wajah ini yaitu caress love, relax, circle down, smile, dan cute. Dalam masing-masing langkah,  dapat dilakukan dalam 8 ketukan dan pengulangan selama 6 kaliKedua, Pijat Dada. dalam pijat dada ada dua langkah yang harus dilakukan yaitu butterfly dan cross. Sesuai dengan namanya, gerakan pijat butterfly membentuk sayap kupu-kupu pada dada anak. Sedangkan untuk cross adalah gerakan menyilangkan tangan kanan dan kiri pada dada anak. Ingat, pijat dada hanya dilakukan pada dada bayi, tidak boleh melebar hingga perut bayi

Ketiga, pijat perut. Dalam pijat perut, ada lima langkah yang dapat dilakukan, yaitu mengayuh, bulan matahari, I love you, walking fingers, dan relax. Selanjutnya, keempat dan kelima adalah pijatan pada tangan dan kaki. Pijatan tangan dan kaki memiliki langkah-langkah yang hampir mirip, seperti ini:

  1. Milking (Swedia dan India)
  2. Rolling
  3. Squeezing
  4. Thumb After Thumb
  5. Spiral
  6. Finger Shake
  7. Relax
    • Tangan Disilang
    • Diagonal Tangan dan Kaki
  1. Milking (Swedia dan India)
  2. Squeezing
  3. Thumb After Thumb
  4. Spiral
  5. Finger Shake
  6. Relax
    • Kaki Disilang
    • Menekuk Tangan dan Kaki Bergantian

Langkah pijat bayi yang terakhir adalah pijat punggung. Pada pijat punggung ada lima langkah yang harus dilakukan, yaitu Go Back Forward, Slip, Mengayuh, Spiral, dan Menggaruk

Nah, itu tadi penjelasan tentang pijat bayi oleh Johnson Baby Indonesia. Ohya, Johnsons juga menghadirkan kampanye Sentuhan Cinta dengan mengajak para ibu di Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan pusat kesehatan anak (Posyandu) di Desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur. Info lebih lanjut bisa lihat di instagram Johnsons Baby Indonesia ya…

4 thoughts on “Lebih Dekat Dengan Ananda Lewat Sentuhan Cinta

Tinggalkan Balasan

Go Top