tips mengenalkan bulan ramadan pada anak usia dini

Simak Tips Mengenalkan Bulan Ramadan pada Anak, Bisa Diterapkan di Rumah Loh…

Bulan Ramadan adalah Bulan Mulia, Mari Kenalkan Bulan ini pada Anak.

Bulan Ramadan merupakan bulan mulia dimana para umat muslim dipenjuru dunia menunaikan ibadah berpuasa selama satu bulan penuh. Pada bulan Ramadan ini pula berbagai aktivitas ibadah mendapatkan pahala dan ganjaran yang luar biasa dari Allah Subhanallahu Wa Ta’ala. Mengingat betapa bulan ini menjadi bulan yang sangat berarti bagi umat muslim, maka tak heran jika para orang tua mulai mengenalkan bulan Ramadan kepada si kecil. Mengenalkan ini terkadang tidak hanya bercerita tentang apa bulan Ramadan, namun juga apa saja yang menjadikan bulan Ramadan begitu istimewa.

tips mengenalkan bulan ramadan pada anak usia dini

Terkadang banyak sekali pertanyaan dari si kecil mengenai bulan Ramadan. Mengapa harus puasa, mengapa harus sholat berjamaah di masjid – baca: tarawih – mengapa harus perbanyak mengaji, dan masih banyak lagi. Tentu saja, para orang tua harus sigap mengenalkan pada anak agar menjadi bekal mereka menjalan kewajiban bulan Ramadan dikemudian hari.

Tips Mengenalkan Bulan Ramadan dan Puasa pada Anak

1. Cari Waktu yang Tepat, Seperti dikala Senggang Atau Sore Hari

Mencari waktu yang tepat untuk mengenalkan bulan Ramadan pada anak sangat penting. Mengapa? Karena ketika anak berada dalam kondisi yang senggang, dan tanpa tekanan adalah saat dimana apa yang disampaikan oleh orang tua dapat terserap dengan baik. Dengan begitu, menceritakan kepada anak tentang apa itu bulan Ramadan akan menjadi lebih mudah.

2. Pilih Redaksi Kata yang Sesuai dengan Tingkat Usia Anak

Pemilihan kata dalam mengenalkan sesuatu yang baru kepada anak akan mempermudah anak untuk dapat mengingatnya dengan baik. Begitu juga dengan mengenalkan bulan Ramadan kepada anak. Pilihlah kata-kata yang mudah dicerna misalnya, “Jadi puasa itu tidak boleh makan dan minum dek, dari azan waktu sholat subuh sampai nanti waktu sholat magrib.” Dari hal itu anak-anak dapat mengingat waktu puasa, tentu saja dengan pengetahuan awal mengerti waktu sholat.

Menggunakan kata-kata yang lebih rumit apalagi disertai dengan ayat-ayat perintah berpuasa memang sangat baik. Namun hendaknya dalam penyampaian bisa disesuaikan dengan umur anak.

3. Ajak anak untuk sahur dan berbuka bersama

Mengajarkan anak untuk siap berpuasa dengan mengajak mereka untuk dapat sahur dan berbuka bersama, meskipun mereka belum menjalankan sepenuhnya puasa Ramadan. Dengan mengajak serta anak untuk sahur dan berbuka, mereka akan mengenal kegiatan dalam bulan Ramadan. Walau langkah pertama selalu berat (terutama untuk bangun sahur), namun anak-anak dapat berlatih mengondisikan tubuhnya. Cara terampuh agar anak semangat sahur dan buka bersama adalah dengan menyediakan menu-menu kesukaan anak.

4. Libatkan anak dalam aktivitas ibadah bulan Ramadan

Siapa yang tak bangga jika anaknya yang masih usia dini sudah akrab dengan masjid? Atau tiba-tiba mereka datang menemui kita meminta uang untuk ia masukkan kedalam kotak amal di masjid. Nah, untuk agar anak dapat mengerti tentang hal-hal baik yang dilakukan selama bulan Ramadan, maka orang tua perlu pembiasaan dan memberikan contoh. Dengan melibatkan anak dalam beragam aktivitas di bulan Ramadan, maka anak dapat terbiasa melakukan hal yang baik.

Ajak anak untuk bercerita tentang keistimewaan bulan Ramadan (Sumber:bebeclub.co.id)

5. Ajak bercerita hikmah Ramadan

Anak-anak akan suka mendengarkan cerita, sehingga menjadikan bercerita sebagai metode mengenalkan Ramadan pada anak sangat tepat. Pilihlah sebuah cerita tentang hikmah Ramadan, bisa tentang cerita hebatnya anak yang berpuasa, atau kegiatan sedekah yang bermanfaat. 

Nah, itu tadi tips mengenalkan bulan Ramada dan berpuasa, khususnya pada anak usia dini.  Mungkin dari bunda ada inspirasi lain? Bisa sharing di kolom komentar ya!

2 thoughts on “Simak Tips Mengenalkan Bulan Ramadan pada Anak, Bisa Diterapkan di Rumah Loh…

Leave a Reply

Go Top