Menyemarakkan Ramadan di Amerika bersama IMSA

Menyemarakkan Ramadan di Amerika bersama IMSA

Menjelajah berbagai negara di dunia tentu saja menjadi bagian dari impian setiap orang, termasuk juga saya. Bisa menjelajah, mengenal tiap-tiap budaya, bangunan bersejarah, hingga ragam kulinernya. Pasti seru dan menjadi suatu masa yang tak terlupakan. Apalagi mengunjungi Amerika, sebuah benua dan negara dengan kehidupan manusia yang maju dibandingkan dengan negara lainnya.

Berjalan-jalan di kota New York, berfoto di depan The White House, melihat tingginya patung Liberty, dan masih banyak lagi hal yang ingin dilakukan jika berkesempatan mengunjungi Amerika suatu saat nanti.

Dibalik rasa menggebu impian saya untuk bisa berkeliling dunia, sebenarnya terbesit sebuah pertanyaan. Bagaimana diri ini bias bertahan di negeri orang? Apalagi sebagai seorang muslim, pertanyaan pertama pastilah bagaimana bias beribadah dengan baik selama ada di luar negeri.

muslim di amerika blog mutiara
sumber: islampos.com

Beruntung, banyak informasi yang didapatkan tentang bagaimana kehidupan muslim di luar negeri terutama di Amerika. Buku-buku traveling, film-film yang menunjukkan kehidupan muslim di luar negeri dan tentu saja website maupun blog yang ditulis oleh warga Indonesia di Amerika cukup membantu memberikan banyak pengalaman meski lewat membaca. Gratis ya!

Satu pertanyaan kemudian muncul, bagaimana cara muslim di negara-negara tersebut menjalankan ibadah di bulan Ramadan? Mengingat banyaknya aktivitas ibadah yang dilakukan pada bulan suci ini. Namun, seperti yang diketahui, masjid sebagai tempat ibadah tidak tersedia dengan jumlah yang banyak layaknya di Indonesia.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi membuat saya cepat mencari tahu bagaimana kehidupan muslim di Amerika. Salah satunya website yang saya temui adalah IMSA.

Berkenalan dengan IMSA, Komunitas Muslim Indonesia di Amerika

IMSA merupakan singkatan dari Indonesian Muslim Society in America. IMSA adalah komunitas warga muslim Indonesia yang bermukim di Amerika. Sebagai komunitas muslim, IMSA mewadahi kegiatan muslim Indonesia yang bermukim di negara tersebut. Mulai dari kajian, musyawarah, seminar, hingga penggalangan dana untuk kepedulian terhadap bencana alam yang melanda tanah air.

Melalui website IMSA, kita memperoleh informasi bahwa menjadi muslim di Amerika tidaklah begitu sulit. Sebagai organisasi, IMSA memiliki berberapa misi membantu komunitas Muslim Indonesia di Amerika Utara dalam upayanya untuk memajukan kapasitas intelektual dan spiritualnya untuk kepentingan masyarakat Indonesia pada umumnya baik di Amerika Utara dan Indonesia.

Dari misi tersebut lahirnya beberapa tujuan, yaitu mengatur diskusi antar anggota, mengadakan musyawarah, dan menjalin kerjasam dengan organisasi lainnya. Termasuk dalam bulan Ramadan ini, IMSA mengadakan kegiatan untuk menyemarakkan ibadah muslim di Amerika.

Menyemarakkan Ramadan Bersama IMSA

Salah satu informasi yang saya dapatkan via website adalah kegiatan sehari-hari IMSA yang terdaftar. Seperti halnya Tahsin Quran, Bahasa Arab, dan Fiqh Wanita. Ini semua adalah kegiatan yang bisa diikuti oleh warga muslim Indonesia di Amerika. Wah, ternyata tak hanya bisa mengasah ilmu dunia saja ya, ilmu akhirat pun bisa kita dapatkan dengan bergabung di IMSA.

Ramadan di negeri orang tentunya tak semarak layaknya di negeri sendiri. Berkumpul bersama komunitas tentunya menjadi salah satu hal yang menyenangkan. Warga muslim Indonesia di Amerika mungkin bisa mencoba bergabung dengan IMSA.

Pada bulan Ramadan, tentunya kegiatan ibadah akan mendapatkan pahala yang dilipatgandakan. Mengapa tak mencoba bergabung dengan IMSA? Ada pula sistem keanggotaan yang bisa diikuti single maupun family. Sistem keanggotaan ini layaknya donasi yang kemudian akan dikelola untuk kegiatan bersama dengan anggota lainnya.

Ada banyak kegiatan Ramadan yang bisa di lakukan bersama dengan komunitas, seperti komunitas IMSA, seperti buka bersama, tilawah mempraktikkan ilmu-ilmu tahsin dan tentu saja berzakat bersama. Hal-hal seperti itu tentu saja akan membuat Ramadan akan semakin semarak meskipun jauh dari Indonesia, kampung halaman.

Nah, itu tadi cerita saya tentang ide atau saran kegiatan yang bisa dilakukan untuk menyemarakkan Ramadan di negeri paman sam bersama IMSA. Semoga suatu saat bisa berkunjung ke Amerika dan bergabung dengan Indonesian Muslim Society in America.

Tinggalkan Balasan