Wisata di Depok, Masjid Kubah Emas nan Megah

Wisata di Depok, Masjid Kubah Emas nan Megah

Di Indonesia, kita bisa menemukan ragam wisata yang tersebar diseluruh penjuru Nusantara. Wisatanya pun beragam, ada taman hiburan, pantai, wisata sejarah, hingga rumah ibadah. Sama dengan yang akan saya bahas kali ini. Ya, sebuah wisata rumah ibadah yang cukup terkenal di kota Depok, Masjid Kubah Emas. 

Berangkat dari rumah saudara di kawasan Citayam, Depok, sekitar pukul 09.00 pagi. Niat sekali hari ini kami akan jalan-jalan di kawasan Depok dan Jakarta nantinya. Berempat, saya, Suami, Ibu, dan Om berangkat mengunjungi Masjid Kubah Emas dengan mobil imut kesayangan kami, Kia Visto, yang sudah membawa kami melaju melintasi tol trans Jawa dan Sumatera (cerita menyusul yaaa 🙂 ).  Jarak dai Citayam ke Masjid Kubah Emas tidak terlalu jauh sebenarnya, sekitar 30-45 menit perjalanan menggunakan mobil. Sebagai catatan, entah mengapa jalanan di daerah Depok ini tidak terlalu lebar sedangkan lalu lintas cukup ramai sehingga kami pun tidak bisa melaju dengan cepat.

masjid kubah emas wisata di kota depok

Masjid Kubah Emas, Salah Satu Destinasi Wisata di Kota Depok

Tiba di gerbang utama Masjid Kubah Emas, kami sudah terkejut dengan pesonanya. Namun sayangnya gerbang masih tertutup. Tak ingin sia-sia, kami mencoba melewati pintu samping. Dan sama saja, masih tutup! Kami pun tak sendirian, ada beberapa rombongan yang sedang menunggu juga. Salah satunya dari Kertapati, Palembang, saya pun cekikikan ternyata sudah sampai di Pulau Jawa pun kami masih menemukan orang Palembang. Ada info dari penjaga, gerbang masjid akan dibuka tepat pukul 10.00 WIB. 

Tak ingin datang dengan sia-sia, kami pun memutuskan untuk menunggu barang 15-20 lagi. Sambil menunggu, kami mengamati area masjid dari luar. Depan masjid dipagari dengan  pagar besi yang kokoh. Pintu samping tempat kami masuk bersebelahan dengan pemukiman warga yang membuka toko kecil-kecilan sebagai peruntungan berada didekat tempat wisata. 

masjid kubah emas wisata di kota depok

Pukul 10.00 tepat, para penjaga memperbolehkan kami untuk masuk. Tiket masuk yang harus kami bayar adalah 15.000/mobil, saya tidak tahu persis harga pastinya karena langsung ditarik oleh penjaga. Mulai memasuki pintu gerbang, saya semakin takjub. Awalnya saya pikir hal yang menarik dari masjid ini hanyalah kubahnya yang berlapis emas. Namun ternyata tidak hanya itu saja pemirsa. Banyak sekali hal menarik dari Masjid Kubah Emas ini. Apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini. 

Hal Menarik dari Masjid Kubah Emas

Nama Asli Masjid Kubah Emas

Masjid megah ini bernama asli Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri. Cukup panjang ternyata. Nama terakhir yang digunakan merujuk pada nama pendirinya. Ya, Dian Al-Mahri atau Dian Djuriah Rais adalah pendiri dari Masjid Kubah Emas yang berada di kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Depok, Jawa Barat. 

masjid kubah emas wisata di kota depok

Lahan yang Luas

Inilah salah satu alasan yang membuat saya takjub. Masjid KuBah Emas ini berdiri dilahan yang sangat luas, yaitu 70 hektar! Bangunan masjid sendiri memakan lahan 8000 meter persegi. Dari salah satu sumber yang saya baca, Masjid Kubah Emas ini mulai dikerjakan dari tahun 2001 dan selesai pada tahun 2006. Waktu yang cukup untuk membangun masjid yang megah. 

masjid kubah emas wisata di kota depok

Dilahan yang luas tersebut, tidak hanya terdapat Masjid Kubah Emas ini saja, namun juga berdiri rumah pribadi Dian Djuriah, rumah singgah untuk para pengunjung yang datang, mini market, dan taman yang sangat luas. Jika anda membawa anak-anak turut serta, bisa dijamin mereka akan suka berkeliling dan berlarian diantara taman-tamannya. Sama seperti Royyan, saya dan suami sampai benar-benar kelelahan mengikutinya berjalan dan berlari. Very Happy Kids!

Royyan seperti menemukan taman bermain dimana ia dapat berlarian sepuasnya. 😀

Arsitektur yang Menawan

Bisa dibilang arsitektur dari Masjid Kubah Emas ini tidak kaleng-kaleng (halah, apa itu istilahnya). Masjid ini sendiri membutuhkan waktu hingga 5 tahun dalam proses pembangunannya, sehingga detailnya tidak luput dari pandangan.

masjid kubah emas wisata di kota depok

Memadukan gaya khas Timur Tengah terlihat dari ciri kubahnya. Masjid ini terdiri atas 5 kubah yang dilapisi emas 24 karat. Di dalam masjid terdapat kaligrafi yang cantik yang terdapat dilangit-langit masjid. Tak hanya kubah saja, namun mahkota dari tiang-tiang pilar masjid pun dilapisi oleh prado atau sisa-sisa emas. Waw banget!

masjid kubah emas wisata di kota depok
Langit-langit Masjid Kubah Emas. Dok Pribadi
masjid kubah emas wisata di kota depok
Pilar-pilar Kokoh di Masjid Kubah Emas. Dok Pribadi

Jangan fokus pada lapisan emas saja pemirsa, menurut kabar lampu gantung yang khusus didatangkan dari Italia. Pada langit-langit bagian dalam kubah juga terlukiskan langit dan awan yang benar-benar menyerupai aslinya. Tak hanya lampu gantung, namun marmet dan granit yang dijadikan sebagai lantai dan sebagian dinding juga di datangkan secara khusus dari Turki dan Italia. Begitu banyak kekaguman saya pada masjid ini, rasanya tak banyak kata yang dapat mengekspresikan.

Masjid Kubah Emas ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi bila berada di kota Depok. Selain harga tiket yang cukup terjangkau, banyak hal yang dapat kita kagumi, terlebih secara spiritual. Saya pun merasakan begitu, kunjungan kami ini selain untuk mengagumi karya arsitektur yang apik, kami menyempatkan shalat dua rakaat sebagai bentuk syukur atas nikmat perjalanan yang dapat kami lalui. Royyan pun dapat pelajaran tentang masjid-masjid nusantara. Sekali dayung, kami travelling sekaligus belajar. Ada yang sama juga, suka travelling sambil belajar? 

4 pemikiran pada “Wisata di Depok, Masjid Kubah Emas nan Megah”

Tinggalkan Balasan