Review Buku Aktivitas Anak Ayo, Belajar Hijaiyah!

Review Buku Aktivitas Anak Ayo, Belajar Hijaiyah!

Bagi Ibu muda seperti saya, memperkenalkan buku pada anak tentu menjadi prioritas utama di kala anak-anak jaman sekarang lebih mengenal gadget. Nah mungkin buku yang akan saya review kali ini bisa jadi salah satu referensi buku yang bisa dikenalkan untuk anak-anak. Apa itu Bukunya? Namanya Ayo! Belajar Hijaiyah

Bagi Ibu muda seperti saya, memperkenalkan buku pada anak tentu menjadi prioritas utama di kala anak-anak jaman sekarang lebih mengenal gadget. Nah mungkin buku yang akan saya review kali ini bisa jadi salah satu referensi buku yang bisa dikenalkan untuk anak-anak. Nah, ini dia bukunya. Judulnya adalah ayo Belajar Hijaiyah. Jadi ini sejenis activity book untuk anak usia dini, dan bisa digunakan mulai dari usia 3 tahun.

Jadi di review ini kita akan bahas lengkap mulai dari sampul depan, belakang, hingga setiap halamannya. Hayuk dimulai!

Sampul Depan Buku Ayo! Belajar Hijaiyah

Pada sampul depan ini tertera tulisan judul dan gambar ilustrasi pelengkap. Selain itu, ada juga nih tulisan Buku Ajaib, Augmented Reality 4 dimensi yang menjadi point ajaib dari buku ini. Nanti akan kita coba bagaimana augmented reality di buku ini ya.

review buku ayo belajar hijaiyah

Bahan dari sampul depan dan belakang ini juga tebal ya. Jadi ini seperti bahan karton yang kemudian dikasih empuk-empuk kayak busa biar lebih enak untuk dipegang oleh anak. Dan sampulnya kokoh banget, cocok untuk dipakai anak karena tidak mudah lecek.

Pemilihan warna pada pada sampul ini juga cukup baik. Perpaduan warna cerah sesuai dengan karakteristik penggunaan warna pada anak usia dini. Pemilihan warna satu dengan yang lainnya juga bagus, saling kontras sehingga tulisan yang ada didalamnya bisa ditampilkan dengan jelas.

review buku ayo belajar hijaiyah

Selain pemilihan warna, pemilihan huruf juga menjadi salah satu poin penting bagi buku anak. Huruf yang tanpa kaki seperti ini digunakan agar keterbacaan lebih jelas. Untuk buku-buku anak, sebaiknya memang hindari huruf yang memiliki kaki.

Sampul Belakang Buku Ayo! Belajar Hijaiyah

Untuk sampul belakang ini terdapat penjelasan tentang penggunaan fitur augmented reality-nya. Langkah-langkah penggunaan augmented reality dijabarkan secara sederhana, sehingga orang awam pun akan mudah mengaplikasikan fitur tersebut. 

review buku ayo belajar hijaiyah

Selain itu, di sampul belakang juga tertulis beberapa keterangan tentang buku ini seperti penulisnya siapa, editor, ilustrator, layouter, dan penerbitnya. Nanti di akhir tulisan ini akan diinfokan siapa saja orang-orang dibalik hadirnya buku aktivitas anak ini. 

Isi dalam Halaman Buku Ayo! Belajar Hijaiyah

Selanjutnya kita akan bahas tentang halaman dalam dari buku ini. Jadi buku ajaib Ayo! Belajar Hijaiyah ini adalah buku aktivitas anak untuk belajar menulis huruf hijaiyah. Halaman dari buku ini berisi satu persatu huruf hijaiyah dengan garis putus-putus agar anak bisa menebali sendiri dengan menggunakan board marker.  

review buku ayo belajar hijaiyah

Lalu, bagaimana jika tulisan anak masih salah? Eits, tenang Ibu! Nah ini salah satu keunggulan dari buku ini. Halaman buku ini terbuat dari bahan artpaper yang mudah untuk dihapus kembali, sehingga dapat dipakai berulang kali. Ini contohnya hasil belajar Royyan dengan buku ini. 

review buku ayo belajar hijaiyah

Selain bisa untuk belajar menulis, di buku ini juga dilengkapi dengan kosa kata sederhana berbahasa arab dari tiap-tiap huruf hijaiyah, sehingga anak tidak hanya belajar menulis, tapi juga belajar menambah kosa kata berbahasa Arab.  Poin plus lain yang saya sukai dari buku ini adalah ilustrasi yang menarik dan full colour. Ini bisa menambah daya tarik anak untuk semangat dalam belajar. 

Kesimpulan

Activity book yang wajib dimiliki oleh Ibu muda dengan anak usia 3 tahun keatas. Kenapa begitu? 

  1. Buku ini memiliki fungsi untuk dapat menjadi media belajar anak usia dini untuk dapat menulis huruf hijaiyah.
  2. Desain yang menarik, pilihan warna yang bagus, sehingga membuat anak tertarik.
  3. Menggunakan bahan yang pas untuk anak usia dini, tebal, kokoh dan tidak mudah lecek untuk penggunaan anak usia dini. 

Sekian review buku Ayo! Belajar Hijaiyah ini. Ohya sebagai informasi, saya dulu membeli buku ini ketika ada pameran buku Big Bad Wolf 2019 di Jatim Expo Surabaya. Tidak hanya memperkenalkan pembelajaran hijaiyah, buku ajaib dari Magic Books ini juga terdapat seri pembelajaran lainnya.

Judul: Ayo! Belajar Hijaiyah

Penulis: Dadan Ramadhan

Editor Ahli: Jajang Wahyudin

Ilustrator: Nina Rachma Yuanita

Layouter: Diena Rostika Rosadi dan Zain Husna Mubarokah

Produksi: www.magicbook.id

24 pemikiran pada “Review Buku Aktivitas Anak Ayo, Belajar Hijaiyah!”

  1. Halo Mbak Mutiara 🙂 Wah, buku ini bagus sekali ya 🙂 Tampilan dan isinya benar2 menarik sehingga anak2 yang mau baca dan belajar huruf hijaiyah jadi betah berlama2. Apalagi bahan kertarnya menggunakan art paper, bisa ditulis trus dihapus aiih menyenangkan ya. Ada kosakata Bahasa Arab nya juga, mantap. Makin cepet bisa deh 🙂

  2. Bukunya menarik mba, apalagi sampul bukunya saja keren. Aku biasa ngajarin anak mengaji pakai buku iqro yg warna hitam itu..
    Udah kebiasaan dari aku kecil, jadi pas mau ngajarin anak ngaji taunya cuma buku itu.
    Wkwkwkw

  3. pernah liat buku sejenis seperti ini di Big Bad Wolf Surabaya kemarin, dan activity book sekarang lucu-lucu dan kreatif. Sebagai orang tua jadi termotivasi hehehe

  4. Aku juga mengenalkan huruf hijaiyah dengan menggunakan buku seperti ini juga, memang niatan dari dulu ingin dia belajarnya lebih fun dengan warna-warna yang menarik. Alhamdulillah anaknya senang banget belajar huruf hijaiyah, sekarang lebih sering pakai buku iqra.

  5. Ahh memang buku berbobot Kaya gini dibutuhkan banget oleh para orangtua. Ngga Hanya reading nya tapi juga writing nya ada nyaa MbAk. Plus pakai aplikasi AR, kayak skripsiku dulu 🙂

  6. Bukunya bagus banget. Covernya lucu. Anak skg mau belajar hijaiyah sudah lengkap.ya ada bukunya. Tinggal cari di toko buku. Semoga dgn adanya buku ini belajar huruf arabnya cepat lancar.

  7. Bagus ya Mba Buku nya, baik tampilan dan isinya menarik untuk anak2. Lalu ujung buku nya pun tumpul jadi aman untuk anak2.

Tinggalkan Balasan