Skula Edu dan Cerita Seru dibaliknya!

Skula Edu dan Cerita Seru dibaliknya!

Selain menulis di blog pribadi, saya juga memiliki secon blog tempat mencurahkan buah pikiran saya. Skula Edu, namanya. Bahkan seingat saya, Skula Edu lebih dulu muncul daripada blog pribadi saya ini. Skula Edu lahir menjadi tempat saya bercerita tentang antusiasme pribadi di bidang pendidikan. Maklumlah, hampir 5 tahun saya berkuliah di Jurusan Teknologi Pendidikan, Unesa, membuat saya memiliki rasa dan pemikiran yang selalu fokus pada pembahasan tentang pendidikan. 

Cita-cita besar saya taruh di Skula Edu ini. Ya, saya memang pemimpi yang memiliki banyak keinginan ini itu. Apalagi pada Skula Edu, saya menaruh harapan bahwa situs www.skulaedu.com ini nantinya menjadi situs besar yang kehadirannya membawa manfaat bagi banyak manusia, khususnya dalam bidang pendidikan. 

Namun tak disangka, ternyata membangun sesuatu dari awal dan berupaya konsisten itu tidak mudah. Banyak hal yang bisa mempengaruhi diri sendiri, salah satunya adalah rasa malas karena merasa sendirian dalam membangunnya. Oleh karena itu, kebimbangan dalam membangun Skula Edu ini membuat identitasnya berubah-ubah. Tidak percaya? Simak cerita (atau lenbih lengkapnya curhatan) tentang Skula Edu berikut ini.

Jadi Skula Edu Apa?

Skula Edu awal didirikan untuk menjadi lembaga bimbingan belajar kecil-kecilan dengan sistem belajar privat. Jadi intinya, sebagai jasa penyedia guru privat untuk jenjang SD-SMA. Mengapa memilih menjadi penyedia jasa guru privat? Salah satunya alasannya adalah pengalaman yang pernah dimiliki ketika masih menjadi mahasiswa, yaitu dua kali mendirikan jasa bimbingan belajar, baik kelas maupun privat, meskipun baru skala kecil. 

skula edu
Skula Edu saat baru mau membuka jasa LBB
skula edu
Skula Edu membuka kelas les privat

Tentu saja, dulu saya membangun bimbingan belajar itu tidak sendirian. Ada teman-teman seperjuangan masa kuliah yang menbantu. Berbekal pengalaman itulah kemudian saya yakin untuk bisa berdiri sendiri. Ah, mungkin bahasa tepatnya terlalu PD (percaya diri). Nyatanya, bekerja sendiri itu tidak mudah, dan saya tidak cukup tangguh untuk bertahan. Akhirnya, saya pun memutuskan untuk mengganti “identitas” Skula Edu. 

Untuk kali kedua ini, saya akan fokuskan membuat web dengan tema inspirasi pembelajaran anak usia dini. Saya sudah merancang apa saja yang akan saya isi di web itu. Jadilah Skula Edu saya sulap menjadi web khusus untuk membahas pembelajaran anak usia dini. Ada beberapa artikel yang sudah saya post di Skula Edu berkaitan dengan anak usia dini. 

skula edu
Skula Edu yang berubah menjadi web inspirasi belajar anak usia dini

Bahagia sekali rasanya, bahkan saya sempat menelurkan beberapa printable media untuk anak usia dini karya sendiri! Bisa diunduh secara gratis di link bawah ini. Aaah, lagi-lagi saya menyalahkan diri sendiri atas kurang konsisten ini. Saya sempat berhenti, dan Skula Edu diambil alih suami untuk diisi konten-konten menulis yang lebih umum. Apa daya, saya rasa kolaborasi memang lebih baik. Apalagi disaat itu, blog pribadi saya sedang gencar saya diisi dengan konten-konten pula. 

printable media skula edu
Printable Media ala Skula Edu, Insyaallah akan lebih banyak membuat kreasi media pembelajaran

Kini, Skula Edu Apa?

Perlunya saya berbenah, saya mengevaluasi diri sendiri, dan menyusun kembali mimpi-mimpi. Kali ini saya putuskan, Skula Edu akan banyak berbagi tentang edukasi secara umum. Namun, ada beberapa topik yang menjadi pilihan, seperti tulis-menulis (artikel, penelitian, dll), tutorial (ini nanti akan diisi oleh kolaborasi bersama suami), teknologi, dan yang terakhir tetaplah pendidikan (jiwa saya ada disini). Khusus pada kategori pendidikan, akan lebih banyak berisi tentang media pembelajaran sederhana yang saya kreasikan sendiri, dan  tentang teori-teori pendidikan lainnya yang berikaitan dengan pendidikan formal, non formal, dan informal.

skula edu
Skula Edu kini, akan banyak membahas edukasi dan pembelajaran

Yah, meski saya hanya ibu rumah tangga yang gemar sekolah dan belajar, saya berharap di Skula Edu bisa menjadi lahan saya untuk terus menunjukkan eksistensi di bidang pendidikan. Dan, saya menerima kolaborasi untuk teman-teman yang mau berbagi tulisan di Skula Edu ini. Semoga kedepannya merambah video pembelajaran juga ya. 

Saya masih belum mahir, bukan ahli atau expert, semoga selalu ada kesempatan untuk dapat belajar dan berbagi. 

Skula Edu Dimana Saja?

Skula Edu bisa ditemui di

Fan Page Facebook ini.

Twitter @EduSkula

Instagram di Skula Edu 

Like dan Follow ya! 

7 pemikiran pada “Skula Edu dan Cerita Seru dibaliknya!”

Tinggalkan Balasan