5 Jurus Pertahankan Benteng Kesehatan Keluarga dari Virus Corona

5 Jurus Pertahankan Benteng Kesehatan Keluarga dari Virus Corona

Virus Corona sedang menjadi trending topic dimana-mana, baik di Indonesia maupun dunia internasional. Pasalnya virus yang dikabarkan berasal dari Cina ini dengan cepat menyebar dan menimbulkan korban jiwa yang cukup banyak. Wajar saja seketika dunia panic attack menghadapi virus ini yang yang menyerang saluran pernapasan ini. 

Dari kepanikan itulah, maka banyak sekali beredar berita-berita hoax yang menjabarkan tentang bagaimana Virus Corona ini dan semakin membuat panik masyarakat.

Ya, kita perlu mengenal apa  itu Virus Corona untuk dapat menjadi tambahan pengetahuan agar tidak mudah termakan isu dan hoax. Selain itu manfaatnya agar kita juga dapat merencanakan kegiatan antisipasi untuk keluarga selanjutnya. 

Apa itu Virus Corona?

Virus Corona atau dengan bahasa lainnya adalah Novel Coronavirus merupakan virus yang menyerang langsung pada sistem pernapasan. Penyakit yang dialami oleh Virus Corona disebut Covid-19. Virus ini bisa menyerang siapa saja, entah tua, muda, bayi, anak-anak, dan orang dewasa pun dapat dengan mudah terkena Virus Corona.

Virus ini pertama kali ditemukan dan disinyalir berasal dari Wuhan, CIna. Saat ini, Virus Corona telah menyebar hingga ke lintas benua Asia dan seluruh dunia. Bahkan info terakhir, korban terbanyak yang terjangkit Virus Corona berasal dari negara Italia. 

Apa Gejala Virus Corona?

Sama seperti penyakit pada umumnya, Virus Corona yang mampir pada manusia tentu saja menunjukkan gejala khusus. Oleh karena itu, penting bagi kita untk dapat mengenal gejala yang ditimbulkan oleh Virus Corona. Waspada saja, jika tubuh kita tiba-tiba mengalami hal ini:

  1. Demam

  2. Batuk

  3. Sesak nafas

Virus Corona ini telah dapat menunjukkan gejalanya sejak2 hari sampai 2 minggu dari mulai virus tersebut masuk ke dalam tubuh manusia. Nah, jika anda mengalami hal tersebut, maka jangan sungkan untuk langsung menuju rumah sakit terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Penularan Virus Corona

Menurut beberapa sumber kedokteran, Virus Corona tidak dapat menyebar secara langsung di udara. Namun, ada beberapa cara bagaimana Virus Corona dapat menular dari manusia ke manusia sebagai berikut:

  1. Terkena percikan ludah atau bersin dari penderita Covid-19.
  2. Memegang area wajah setelah melakukan kontak dengan penderita Covid-19, apalagi jika diketahui terkena percika ludah maupun bersin dari penderita.
  3. Kontak terlalu dekat dengan penderita Covid-19.

Pencegahan Virus Corona pada Keluarga

Virus Corona tentu saja bisa dicegah untuk dapat menjauh dari keluarga. Nah, ada beberapa jurus sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah Virus Corona dari keluarga kita.

1. Rajin Mengajak Keluarga untuk Mencuci Tangan

Tentu saja, penyakit apapun berawal dari kebersihan tangan yang tidak terjaga sehingga dapat memasukkan berbagai bakteri maupun virus ke dalam mulut. Dengan rajin mengajak serta anggota keluarga untuk mencuci tangan, setidaknya menjauhkan dari penyebaran Virus Corona.

2. Istirahat yang Cukup

Dengan istirahat yang cukup, maka daya tahan tubuh kita akan terjaga dan tidak mudah terserang penyakit. 

3. Menyediakan Makanan Sehat untuk Keluarga

makanan sehat

Saatnya untuk dapat menyiapkan makanan sehat untuk keluarga, baik dirumah maupun sebagai bekal kerja dan sekolah bagi anak. Tentu kita ketahui bersama, jajanan diluar sana belum tentu terjamin kebersihannya. Perbanyak minum air putih untuk dapat menjaga agar tubuh tidak kekurangan cairan.

4. Memberikan Pertolongan Pertama dengan Segera jika Keluarga Merasakan Sakit

Jika salah satu keluarga kemudian merasakan tubuh yang kurang fit, maka pertolongan pertama harus segera diberikan. Seperti halnya jika anak terkena demam, maka berikan paracetamol untuk dapat meredakannya. Serta, sediakan selalu masker dan hand sanitizer agar dapat melindungi anggota keluarga dimana saja dan kapan saja.

5. Selalu Menjaga Kebersihan

mencegah virus corona

Menjaga kebersihan merupakan sebagian dari iman, dan tentu saja dapat menjauhkan kita dari berbagai penyakit. Selalu periksa rumah, kendaraan, atau tempat lain yang anda kunjungi dan tinggali terbebas dari kotoran dan selalu terjaga kebersihannya. 

Nah, itu tadi beberapa jurus sehat yang semoga bisa bermanfaat bagi semua untk dapat mencegah tidak hanya Corona, namun juga beberapa penyakit yang tersebar di sekitar kita. Semoga sehat selalu ya!

Sumber: www.alodokter.com

Tinggalkan Balasan