Study From Home, Apa Pelajaran yang Ibu dapatkan dari Anak?

Study From Home, Apa Pelajaran yang Ibu dapatkan dari Anak?

Study from home (belajar dari rumah) ini pelaksanaannya sudah memasuki minggu kedua. Sejak pandemi Covid-19 merebak di Indonesia, pemerintah pun mengeluarkan kebijakan bahwa seluruh kegiatan pembelajaran di sekolah diganti dan diupayakan untuk dapat belajar dari rumah dengan menggunakan beragam platform pembelajaran online

Namun, pelaksanaan study from home tak semudah yang dibayangkan. Ibu-ibu yang juga dipenuhi dengan kegiatan rumah tangga maupun pekerjaan kantor yang di boyong ke rumah, merasakan dampak yang luar biasa. Iseng-iseng kemarin saya pun mengupload instastory untuk menanyakan bagaimana minggu kedua study from home ini berjalan di rumah masing-masing. Sengaja, kalimat yang saya gunakan adalah “Apa pelajaran yang Ibu dapatkan dari Anak selama #studyfromhome?” 

Mengapa saya justru menanyakan pelajaran yang didapatkan oleh Ibu? Tentu saja, study from home ini membawa perubahan dan dampak yang luar biasa, apalagi bagi ibu-ibu yang mungkin selama ini terima beres anaknya belajar di sekolah. Keadaan pun dibalik, anak-anak yang biasanya belajar dengan guru masing-masing, diawasi oleh pihak sekolah, kini beralih menjadi belajar dengan ibu, ayah, atau anggota keluarga lainnya. Pengawasan jam belajar pun jadi lebih sulit, mengapa? Ya tentu saja suasana di rumah terasa berbeda dengan sekolah yang memang mengondisikan anak untuk belajar. Jadi membuat anak untuk memiliki semangat belajar yang luar biasa layaknya di sekolah tentu saja cukup menguras tenaga dan hati ibu-ibu. 

Ternyata memang ini adanya, Saya sendiri tak menyangka jika instastory tersebut mendapatkan banyak respon dari teman-teman. Bisa ditebak apa jawaban dari para ibu-ibu tersebut? Kebanyakan dari mereka kemudian menjawab adalah belajar kesabaran yang lebih banyak. Ya, mungkin ini adalah satu hikmah dari adanya kebijakan ini.

Study From Home

online learning
Sumber: Pixabay.com

Study from home merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah di tahun 2020 ini berkaitan dengan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Dengan jumlah pasien positif, PDP, dan ODP yang terus meningkat di berbagai kota provinsi di Indonesia, menjadikan pemerintah berupaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini dengan mengeluarkan berbagai kebijakan. Salah satunya adalah study from home bagi pelajar maupun mahasiswa dan work from home bagi para pekerja.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, pada 24 Maret 2020. “Kami ingin menganjurkan bagi daerah yang sudah melakukan belajar dari rumah agar dipastikan gurunya juga mengajar dari rumah untuk menjaga keamanan guru, itu sangat penting,” pesan Nadiem. Saat ini, study from home sendiri sudah berjalan pada minggu kedua. (dikutip dari surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, link berikut)

Apa Pelajaran yang Didapatkan oleh Orang Tua khususnya Ibu?

Ternyata study from home ini juga memberikan manfaat bagi orang tua, khususnya Ibu. Apa saja pelajaran dan hikmah yang didapatkan itu? Yuk mari bahas satu persatu.

Punya waktu luang lebih banyak dengan anak

anak dan ibu
Sumber: Pixabay.com

Study from home menjadikan anak dan ibu dapat terus bertemu dalam waktu yang lama dirumah. Baiknya waktu luang ini menjadi kesempatan yang digunakan oleh ibu untuk meningkatkan bonding ibu dan anak. Bisa dengan bercerita, menonton film, membaca buku, atau belajar bersama-sama.

Belajar memahami gaya anak dalam belajar

Anak memiliki cara masing-masing untuk dapat belajar. Ibu terkadang tak begitu memahami bagaimana anak-anaknya dapat menerima ilmu dari apa yang dipelajarinya. Terkadang yang orang tua ketahui dengan duduk manis dan membaca, harusnya anak sudah dapat memahami maksud pelajaran tersebut. 

gaya belajar anak
Sumber: Pixabay.com

Padahal, gaya belajar sendiri pun ada 3, visual, kinestetik, dan auditori. Dari ketiganya, kita akan tahu anak bisa belajar dengan caranya masing-masing. Saya mencontohkan diri sendiri. Anak saya (4 tahun) ternyata memiliki gaya belajar kinestetik, sehingga dia akan dapat belajar, menghapal, maupun memahami apa yang saya maksud meski dengan melompat-lompat. Awalnya saya gemas sekali, namun ternyata dia bisa menceritakan kembali apa yang sudah didengarnya dari saya.

Produktif menyediakan menu-menu sehat untuk anak

Tidak bisa dipungkiri ketika study from home ini, para ibu disibukkan dengan menyajikan menu-menu dapur untuk memenuhi keinginan satu keluarga yang berkumpul di rumah. Nah, kesempatan ini bisa digunakan oleh ibu untuk menyajikan menu-menu sehat untuk anak dan anggota keluarga lainnya. Ibu pun bisa belajar menu-menu baru agar anak-anak tidak bosan.

Nah, itu tadi rangkuman dari beberapa pelajaran yang bisa dipetik dari study from home ini khususnya bagi ibu seperti saya. Jangan pernah bosan bermain dan menemani mereka tumbuh yang buuu… Mengutip kata iklan, kalau bukan sekarang, kapan lagi?

Tinggalkan Balasan