8 Langkah Mudah Menulis Resensi Buku Non Fiksi

8 Langkah Mudah Menulis Resensi Buku Non Fiksi

Resensi buku adalah sebuah tulisan yang memuat banyak hal tentang sebuah buku. Bisa jadi sebuah ulasan atau pun penilaian. Resensi buku bukan kegiatan yang asing bagi para penulis. Kegiatan menulis resensi sebuah buku bahkan telah diajarkan sejak bangku sekolah, meski begitu kegiatan menulis resensi buku bukan hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Secara umum, resensi buku dibagi menjadi dua, resensi buku fiksi dan resensi buku non fiksi. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan resensi buku.

Resensi Buku Fiksi dan Non Fiksi

Resensi buku pun dibagi berdasarkan jenis buku yang akan diresensi. Secara umum, ada dua jenis resensi buku, yaitu resensi buku fiksi dan resensi buku non fiksi.

Lalu, dimana letak perbedaan keduanya? Dikutip dari penerbit buku deepublish.com, resensi buku fiksi adalah ulasan terhadap buku-buku genre fiksi yang bersifat tidak nyata dan belum tentu benar adanya. Contoh dari buku-buku fiksi adalah novel, komik, dongeng, dan sebagainya. Dari resensi buku fiksi tersebut, akan didapatkan alur cerita, penokohan, bahasa yang digunakan, hingga nilai-nilai apa saja yang terkandung didalamnya.

Sedangkan resensi buku non fiksi adalah ulasan yang membahas buku-buku karya ilmiah yang memiliki sifat nyata, teoritis, serta faktual. Contoh dari buku non fiksi adalah buku-buku pelajaran, pendidikan, jurnal, dan masih banyak lagi.

Pembahasan dalam resensi buku non fiksi tentu saja berbeda dengan buku fiksi. Buku non fiksi tentunya akan membahas tentang unsur-unsur yang harus ada dalam buku, kebermanfaatan, hingga kekurangan maupun kelebihan buku tersebut. Selengkapnya, resensi buku non fiksi harus memuat unsur-unsur berikut.

Baca juga : Review Buku Ayo, Belajar Hijaiyah!

Unsur-unsur Resensi Buku Non Fiksi

Dalam melakukan kegiatan resensi buku non fiksi, ada beberapa unsur yang perlu diketahui, antara lain:

Judul Resensi

Judul Resensi ini bukanlah judul buku yang hendak kita resensi. Namun, judul resensi ini lebih pada penggambaran keseluruhan isi resensi sehingga menarik minat para pembaca.

Data-data Buku

Data buku yang hendak diresensi ini berisi tentang :

  1. Judul buku, jika buku merupakan buku hasil terjemahan maka tulis pula judul buku aslinya.
  2. Pengarang atau penulis buku. jangan lupa tulis juga penerjemah, editor, penyunting yang ada dalam buku.
  3. Tuliskan identitas penerbitnya.
  4. Tahun terbit buku yang disertai dengan edisi cetakannya.
  5. Tebal buku
  6. Harga buku (opsional)

Langkah-langkah Mudah Resensi Buku Non Fiksi

Dalam melakukan kegiatan menulis resensi buku non fiksi, perhatikan langkah-langkah mudah berikut:

  1. Tentukan buku non fiksi yang hendak di resensi.
  2. Bacalah buku tersebut hingga tuntas, bila perlu gunakan kesempatan membaca 2 hingga 3 kali agar benar-benar memahami isi buku.
  3. Tulislah identitas buku yang hendak diresensi sesuai dengan unsur-unsur resensi buku non fiksi.
  4. Tulis dengan bahasamu sendiri tentang hal yang melatarbelakangi judul buku yang akan diresensi tersebut.
  5. Tulis kembali isi buku tersebut dengan bahasa yang menarik. Tujuannya tentu saja menarik minat para pembaca.
  6. Tulis juga kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh buku.
  7. Tambahkan tulisan tentang biografi singkat sang penulis buku. Ini penting agar para pembaca mengetahui kapabilitas penulis.
  8. Terakhir, tulis kesimpulan dan saran terhadap buku yang telah diresensi.
Menulis Resensi Buku Non Fiksi (Sumber: Pixabay.com)

Pengalaman Menulis Resensi Buku Non Fiksi

Selain berbagi informasi tentang langkah-langkah menulis resensi buku non fiksi, kali ini saya juga akan membagikan pengalaman menulis resensi buku non fiksi. Buku yang saya resensi kali ini adalah sebuah buku pengetahuan yang dapat digunakan sebagai sumber belajar di perguruan tinggi. Ditulis oleh sahabat saya sendiri sedari kuliah, buku ini berjudul “Manajemen Peserta Didik di Sekolah Inklusi”.

Memiliki latar belakang pendidikan yang linier dibidang manajemen pendidikan dari strata satu hingga saat ini mengambil pendidikan doktoral, saya tidak meragukan kapabilitasnya dalam menulis hal-hal yang berhubungan dengan manajemen pendidikan, salah satunya adalah manajemen peserta didik.

Buku ini ditulis berdasarkan pengalamannya ketika menempuh tugas akhir pendidikan magister. Oleh karena itu, buku ini tidak hanya berisi tentang teori dalam manajemen peserta didik, namun juga langkah nyata dan pengalaman beberapa sekolah inklusi dalam melakukan manajemen peserta didik.

Menulis resensi buku memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menyajikan informasi kepada para pembaca tentang bagaimana isi buku serta kelebihan dan kekurangannya. Selain itu, informasi tentang kapabilitas penulis dalam mengulas materi, dapat menjadi nilai plus sebuah buku terutama buku yang membahas ilmu pengetahuan.

Tulisan saya tentang resensi buku ini dimuat dalam web Sahabat Pena Kita. Buat teman-teman yang sedang meresensi buku non fiksi, semoga tulisan ini dapat menjadi manfaat ya! Semangat menulis resensi buku!

Satu pemikiran pada “8 Langkah Mudah Menulis Resensi Buku Non Fiksi”

Tinggalkan Balasan