3 Saran Memilih Tempat Persalinan Selama Pandemi Covid-19

3 Saran Memilih Tempat Persalinan Selama Pandemi Covid-19

Persalinan adalah masa yang paling ditunggu oleh ibu hamil. Saat-saat yang menegangkan akan menjadi momen dimana ibu untuk pertama kalinya bertemu dengan buah hati. Persalinan sendiri menjadi salah satu hal utama yang harus dipersiapkan ketika ibu hamil sudah memasuki trisemester ke tiga, entah itu di fasilitas kesehatan tingkat satu (bagi pemegang BPJS) atau rumah sakit tertentu yang menjadi kepercayaan kita. Namun, masa pandemi covid-19 seperti ini, menentukan tempat persalinan menjadi tidak mudah. Tentunya hal itu berdasarkan pertimbangan agar tidak bercampur baur dengan pasien covid yang kemungkinan di rawat di rumah sakit tersebut, maupun adanya pertimbangan lain.

Nah, kali ini saya akan memberikan 3 saran kepada pasangan suami-istri yang sedang menantikan kelahiran buah hatinya untuk dapat menentukan tempat persalinan kelak. Tentunya ini bukan hal yang saklek untuk ditiru ya. Pasangan suami-istri bisa menentukan sendiri tempat persalinan yang tentunya memberikan kenyamanan dan keamanan bagi keduanya dan buah hatinya kelak.

sumber: pixabay.com

3 Saran Memilih Tempat Persalinan Selama Masa Pandemi Covid 19

Berdasarkan pengalaman saya melahirkan secara sectio caesar pada 9 Juni 2020 yang lalu, ada beberapa hal yang bisa dijadikan saran bagi pasangan suami-istri yang menantikan masa persalinan tiba.

Perhatikan jarak tempat persalinan yang tersedia di sekitar anda

Tentunya ketika masa persalinan itu semakin dekat, anda tidak ingin melakukan perjalanan yang terlalu jauh menuju tempat pelayanan kesehatan kan? Nah pertimbangan jarak menjadi hal utama yang saya pikirkan ketika hendak memilih tempat persalinan.

Bukan karena apa-apa sih, pada persalinan pertama saya 5 tahun yang lalu, saya memilih rumah sakit yang jaraknya cukup jauh dari rumah. Dan ternyata dalam perjalanan saya menuju rumah sakit di saat sudah ada pembukaan jalan lahir cukup menyulitkan. Apalagi kemudian bayi saya harus menginap lebih lama karena suatu hal, perjalanan bolak-balik rumah sakit-rumah saya lakoni meski rasa ngilu dan capek luar biasa masih ada dari sisa persalinan.

Untuk itu, saya berkeinginan di masa persalinan ke dua ini saya memilih tempat persalinan yang tidak terlalu jauh dengan rumah. Apalagi di masa pandemi ini, tentunya kita tidak ingin membuang waktu di jalan lebih lama untuk sampai ke tempat persalinan.

Perhatikan jenis tempat persalinan

Penyedia layanan kesehatan yang juga menyediakan tempat persalinan ada 3 yaitu fasilitas kesehatan (faskes) tingkat 1, rumah sakit umum, dan rumah sakit ibu dan anak. Menentukan tempat persalinan ini menjadi penting di saat pandemi covid 19 ini.

Ada beberapa pertimbangan (menurut saya) seperti ini tentang 3 jenis penyedia layanan kesehatan.

Tempat Persalinan di Faskes tingkat 1

Dimana ini menjadi ujung tombak pelayanan awal bagi para pengguna BPJS. Di faskes tingkat 1 ini bercampur baur antara banyaknya pasien penyakit lainnya yang juga ingin berobat. Selain itu, faskes tingkat 1 hanya melayani persalinan normal yang ditangani oleh bidan.

Tempat Persalinan di Rumah Sakit Umum

Rumah sakit umum menjadi pertimbangan kedua dalam menentukan tempat persalinan. Rumah sakit umum memang memiliki fasilitas yang lengkap dalam memberikan pelayanan kesehatan. Namun pada saat pandemi covid-19 seperti ini, dianjurkan untuk menghindari rumah sakit umum yang menjadi tempat berbaurnya banyak pasien terutama pasien yang juga PDP covid-19. Selain itu, beberapa rumah sakit umum juga banyak menjadi tempat rujukan utama bagi pasien dan berbagai penelitian covid-19. Jadi menghindari rumah sakit umum sangat dianjurkan dengan kondisi saat ini. Jangan sampai kita masuk awal sebagai pasien persalinan kemudian terinfeksi virus corona. iiiihh sereeem.

Tempat Persalinan di Rumah Sakit Ibu dan Anak

RSIA ini menjadi pertimbangan utama dalam menentukan tempat persalinan. Mengapa demikian? karena di rumah sakit ibu dan anak hanya melayani pasien persalinan dan anak saja, tidak berbaur dengan pasien penyakit lainnya. Sehingga ini akan lebih aman bagi ibu dan bayi.

Perhatikan Fasilitas yang dimiliki Tempat Persalinan

Ini menjadi hal penting yang patut diperhatikan oleh pasangan suami istri yang hendak memilih tempat persalinan. Tentunya kehadiran fasilitas pendukung ini tidak bisa dianggap remeh demi kelancaran persalinan nantinya.

Pada masa pandemi ini, ada beberapa hal terkait dengan fasilitas yang perlu diperhatikan oleh pasangan suami istri dalam menentukan tempat persalinan, antara lain:

Menyediakan jasa tes covid-19

Rapid test maupun swab menjadi kewajiban yang saat ini harus dilakukan oleh ibu hamil sebelum melakukan persalinan. Bagi pasangan suami istri yang hendak menentukan tempat persalinan wajib mengetahui apakah di rumah sakit atau faskes tersebut menyediakan jasa tes covid-19 bagi ibu hamil atau tidak. Pastikan pula bahwa tempat tes tidak bercampur baur dengan pasien lainnya.

Baca juga : 5 Jurus Pertahankan Benteng Kesehatan Keluarga dari Virus Corona

Menyediakan fasilitas persalinan yang lengkap

Semua ibu mengidam-idamkan persalinan yang aman, nyaman, dan lancar tanpa hambatan, namun bagaimana jika terjadi keadaan mendesak yang membutuhkan perawatan ibu melahirkan yang lebih lengkap?

Tentu ini menjadi alasan mengapa pasangan suami istri yang hendak memilih tempat persalinan harus dapat memilih tempat persalinan yang lengkap sehingga memadai untuk melakukan tindakan lebih lanjut (operasi sc misalnya) ketika keadaan gawat darurat melanda.

Menyediakan fasilitas kesehatan bayi yang lengkap dan memadai

Ini sangat penting diperhatikan bagi pasangan suami istri yang hendak memilih tempat persalinan. Fasilitas penunjang yang dimaksud diantaranya adalah inkubator, dan fasilitas NICU lainnya.

Memperhatikan fasilitas kesehatan bayi baru lahir yang lengkap bertujuan agar bayi mendapatkan fasilitas dan penanganan terbaik segera setelah lahir ke dunia. Tentu saja kita memang tidak menginginkan adanya hal buruk yang menimpa buah hati kita, namun pada kondisi tertentu kelahiran bayi prematur, kelainan organ, dan masalah lainnya pada bayi baru lahir dapat terjadi.

Pilihlah rumah sakit dengan fasilitas neo natal yang lengkap agar buah hati mendapatkan penanganan terbaik bagi kesehatannya.

Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) di Surabaya

Surabaya bisa dibilang kota dengan fasilitas kesehatan yang cukup memadai sehingga dapat dijadikan rujukan oleh daerah lain apabila terjadi keadaan gawat darurat. Keberadaan rumah sakit ibu dan anak (RSIA) sendiri di kota Surabaya cukup banyak. RSIA ini beragam, mulai dari yang berbiaya standar hingga yang cukup mahal sesuai dengan fasilitas yang diberikan.

Berikut adalah beberapa RSIA yang bisa dijadikan rujukan sebagai tempat persalinan selama pandemi covid-19.

RSIA Putri Surabaya

tempat persalinan surabaya
sumber: rsputri.com

RSIA Putri berada di jalan Arief Rahman Hakim no 122 Surabaya. RSIA Putri ini khusus Obstetri dan Ginekologi, jadi di rumah sakit ini hanya akan ditemui pasien ibu-ibu yang hendak melahirkan serta juga pasien anak. Untuk bisa kontrol kerumah sakit ini bisa dengan menelpon terlebih dahulu ke (031) 5999984. Di RSIA Putri ini tidak hanya melayani persalinan normal, tapi juga persalinan sc. Untuk fasilitas kesehatan bayi baru lahir, RSIA Putri ini juga memiliki fasilitas kesehatan neo natal yang memadai.

RSIA Putri ini melayani pengguna BPJS Kesehatan dengan pelayanan yang maksimal, sehingga anda tak perlu ragu untuk memilih RSIA Putri meskipun bukan sebagai pasien umum.

RSIA Lombok Dua Dua

tempat persalinan surabaya
sumber: rsialombokduadua.com

RSIA Lombok Dua Dua memiliki dua cabang di Surabaya. Cabang pertama terletak di jalan Flores dan yang kedua berada di jalan Lontar. RSIA Lombok Dua Dua ini salah satu rumah sakit bersalin yang dikenal dengan pelayanan maksimal. Namun sayangnya rumah sakit ini tidak menerima pasien BPJS.

RSIA Kendangsari dan Kendangsari Merr

sumber: halodoc.com

RSIA Kendangsari telah lama dipercaya oleh masyarakat Surabaya sebagai salah satu pilihan RSIA terbaik untuk tempat persalinan. Dengan fasilitas yang lengkap, RSIA Kendangsari siap membantu menciptakan persalinan yang aman dan nyaman. RSIA Kendangsari ini juga tidak menerima pasien BPJS.

RSIA Cempaka Putih Permata

tempat persalinan surabaya
sumber: guesehat.com

RSIA Cempaka Putih Permata termasuk salah satu rumah sakit dengan harga yang cukup terjangkau, sehingga menjadi pilihan bagi pasangan suami istri yang memiliki persiapan dana yang terbatas. Meski begitu, tidak mengurangi fasilitas yang tersedia untuk melayani ibu dan bayi. RSIA Cempaka Putih Permata ini terletak di jalan Jambangan Kebon Agung no 8 Surabaya.

Nah, itu tadi adalah RSIA yang bisa dijadikan rujukan sebagai tempat persalinan selama masa pandemi covid-19. Ini bukan berarti rumah sakit lainnya tidak kompeten menangani persalinan loh ya. Pilihan tetap berada anda, diskusikan terlebih dahulu tempat persalinan yang dipilih. Semoga sehat selalu ya!

Tinggalkan Balasan